hobi ngeblog
Hobi Ngeblog : Do many things and learn much more to be better...

Mengawali Blog Sukses

Posted by City Hunter | Posted in | Posted on 11:49 AM


Saya saat ini budaya menulis sudah menjadi semakin berkembang dengan adanya dukungan dukungan blogspot dan wordpress atau sejenisnya. Budaya menulis yang dulu sudah menjadi kuno dan klasik. Dulu kita menulis benar-benar harus sebuah pasar yang kompetitif untuk bisa menjadi sebuah tulisan yang dibaca, namun saat ini dengan "budaya menulis massal" melalui blog membuat peluang tulisan kita untuk dibaca semakin besar, hanya saja mesti berfikir lanjutannya adalah bagaimana blog saya atau anda dibaca oleh orang, singkat kata dikatakan bahwa blog kita mempunyai jumlah pengunjung yang cukup memuaskan. kecuali anda cukup idealis dan berkata "saya cuma ingin menulis saja kok", hmm ya itu terserah pada masing-masing personal

Setelah itu barulah berfikir untuk menjadikannya sebagai "kebun uang" :)
untuk memulai menulis di blog ya tentunya harus punya blog..hehe...benerkan?!
yang cukup terkenal adalah blogspot, gratis dan simpel penggunaannya, dan hingga sekarang tangguhnya wordpress belum mampu mengalahkan rating blogspot di dunia maya..percaya ga?? :)

Sekarang saya mau berbagi sedikit cara-cara saya dalam memulai sebuah blog, semacam langkah-langkah utama untuk sebuah blog yang baik dan bisa sukses mendatangkan pengunjung(kecuali kalo hanya sekedar untuk membuat dummy blog), tentunya berdasarkan pengalaman saya dan baca-baca sana sini.
begini ceritanya...zaman dahulua kala..hiduplah seorang nenek...loh kok..hehehe... nah sekarang serius..piss. Oh ya baiknya tulisan ini dibaca oleh teman yang sudah pernah menggunakan blogspot sebelumnya, karena saya hanya menuliskan garis besarnya saja dulu, dan untuk yang masih awam saya jamin ga akan bakal ngerti bacanya, yang adapun semua rambut yang ada disemua bagian tubuh jadi keriting dan bertambah keriting..haha

Langkah 1. Saya men-sketsa blog yang akan dibuat, maksudnya bukan menggambar desainnya, tapi "saya akan buat blog apa" blog campur, atau blog khusus, nah kalo blog saya yang ini blog campuran, kontennya gado-gado..hehe ini memang awalnya blog buat eksperimen google adsense. nah kalo saya bikin blog khusus yang membahas satu tema, makanya saya perlu mikir.
Mikir apa? mikir keyword apa yang akan saya gunakan, bisa di riset di google trends atau google adword(bisa baca disini keyword research dan google trend tapi pake bahasa kampung londooon..hehe). ato bisa juga mulai dari google wonderwheel, semacam mind map keyword di google, setelah dicek di sono baru cek lagi google trends, ada ga pengunjung yang menggunakan keyword tersebut pada search google. biasanya saya lama dan kadang stuck alias mentok di langkah ini, daripada saya harus membuat blog asalan, kecuali dummy blog.

  • Langkah 2. tentu saja saya daftar blogspot, saya juga punya blog di wordpress, tapi saya lebih comfort main di blogspot aja. kalo belum tahu mengenai cara mendaftarnya dan mencreatenya saya rasa silahkan tanya di paman google, sudah banyak yang menulis tentang hal ini. sangat simpel kok
  • Langkah 3. setelah jadi, saya mulai dengan memilih template yang akan saya gunakan, jadi belum diutak atik sama sekali, baiknya begitu. Penyedia template sangat banyak, saya mencari template melalui google search image, pencarian gambar dengan google dengan kata kunci "blogspot template" jadi saya bisa melihat gambar-gambarnya langsung yang desainnya cocok dengan saya, baru saya download, tapi kadang kalo fiturnya ga cocok saya coba lagi pilih template yang lain.
  • Langkah 4. selesai mengupload file xml template saya langsung menuju settingan layout>edit html. nah disini saya akan memulai untuk memasukkan keyword dan meta tag, baca deh di blog kang rohman atau oom ada panduannya.
  • Langkah 5. saya memverifikasi blog saya di google webmaster tool, caranya gampang kok, masukkan url kita dan dikasih kode verifikasi dan masukkan pada edit html blog kita, setelah save kemudian klik tombol verifikasi yang ada di web google webmaster tadi. selanjutnya bisa dilanjutkan dengan memasukkan sitemap url di google, masih di tempat tadi di bagian menu sitemap.
  • Langkah 6. saya mulai masuk kehalaman layout, dan mensetting untuk recent post, artikel kategori, dan pernak-perniknya
  • Langkah 7. saya memasukkan web tracker ato web statistik. saya pilih pake google analytics, mybloglog free, wajib pake histats.com, kemudian tambahan yang lain seperti feedjit live traffic untuk saya mengamati keluar masuk pengungjung secara live, juga tambahkan radarurl.com atau whos.among.us untuk melihat online visitor, bisa juga tambahkan goingup.com untuk webstats.
  • Oh ya saya juga mendaftarkan blog saya di technorati.com, sitemeter.com(lihat saja di box webstats blog ini). dan perlu juga membuat feed di feedburner.com serta mypagerank.net
  • Langkah 8. hmm sehabis itu apa yah, bisa saja dengan membuat twitter khusus untuk blog yang dimaksud ato juga facebook fan page, oh iya jangan lupa pake tools dari wibiya.com, cukup lengkap dan mempercantik tampilan.
  • Langkah 9. Addurl kemana-mana, search aja di paman google "free add url" kalo digoogle dengan menggunakan blogspot sebetulnya udah otomatis akan masuk google, dan apalgi sudah kita lewat verifikasi google di web master tool tadi. add ato submit url sebaiknya sekali saja, kalo keseringan bisa bisa nanti di tendang google karena dianggap spam, saya punya penglaman loh, akhirnya harus sabar nunggu paman google reda marahnya, baru blog saya bisa terindex lagi, hehe

Nah untuk untuk salah satu contoh yang di create dengan cukup tertata dengan langkah2 diatas coba lihat ini ebooks free download atau kumpulan puisi (yang ini baru saya buat 3 hari yang lalu sebelum menulis tulisan ini) jangan ragu untukbeli domain dot com kalo anda yakin, lagian cukup murah kok antara 80ribu sampe 130ribu. tapi kalo anda mau gunakan domain dot com, tundalah dulu untuk mensetting webstats pada langkah 7 dan juga langkah 5, daripada anda harus mengulang lagi satu persatu. nah mengapa saya menaruh link ebooks-freedownload.com dengan kata kunci ebooks free download ?? nah ini ada hubungannya dengan kata kunci yang direncanakan di awal tadi dan juga untuk mendapatkan backlink quality yang sesuai dengan kata kunci yang diinginkan.

Nah blog sudah jadi dengan start awal yang bagus, untuk sukses atau tidak ada beberapa parameter lain, seperti konsistensi dalam updating konten, ini sangat besar pengaruhnya untuk rating di Alexa.com. Contohnya blog ini, dulu sempat dalam 1 bulan merangsek ke 300ribuan di Alexa, dan sekarang terdepak sampai di atas satu juta..hehe..udah ga keurus lagi...makanya dijadikan blog buat asyik-asyik aja, ga perlu mikir backlink, SEO , SERP dan segala macamnya, dan adsense googlenya pun dapat sekedar saja jadilah.. :) ga neko2 deh..
Kalopun start awal dah bagus, tanpa ada tindak lanjut ya percuma juga :/
Oke sampai disini dulu sampai jumpa di tulisan-tulisan yang akan datang :)

Oh ya kalo temen2 ada pendapat lain atau ingin menambahkan silahkan beri komen ya, kalo tidak setuju juga boleh,, asal jangan marah2 kaya anggota dewan ya...hahaha, ditunggu komennya sob...

SocialTwist Tell-a-Friend

Comments (3)

wah infonya bagus jg mas...tq yah..sy br bljar ngeblog, mash blank bgt, tp krn sering utak atik, yah lumayan pengetahuan jd bertambah, tp sy kurang puas aja dengan tampilan blog sy, he..he.oh ya mw tanya fungsi technorati tu apa sih? aq kmrn udh mw join tp kok pross sign up ya gak bs2, ssh bgt..knp yah? trus gmn sih biar blog kita banyak di kunjungi org? apa harus blog yg lama malang melintang di dunia perblog-an aja, coz sy br 3 buln, tp msh adem ayem aja..terus banyak sih yng pengen di tanyain, tp ntr2 aja deh,,he..he..ntar masnya bingung.ok tq ya..

Fungsi technorati adalah sebagai directory blog yang ada di seluruh dunia. Siapa saja boleh mendaftarkan blognya ke technorati apapun bahasa yang digunakan di blognya. Dari pendaftaran, maka sesama member technorati dapat tahu tentang blog kamu dan mungkin berminat untuk berkunjung ke blog kamu. Jika dia merasa blog kamu bermanfaat bagi dia maka dia akan memberikan cap Favorite buat blog kamu. Dari sini blog kamu akan mendapat ranking, yaitu dari berapa banyak yang memfavoritkan dan berapa banyak blog yang memasang linknya ke blog kamu lewat technorati.

Di technorati, kamu bisa melakukan ping yaitu memberitahu ke robot technorati bahwa kamu sudah melakukan update di blog kamu.

Hmm pertanyaan banyak yah..hehe...wah kalo ramai dikunjungi..hmm banyak sekali mitosnya..utamanya adalah banyak2 promosi dan menambah backlink dengan blog atau web yang banyak pengunjung..dan yang paling penting adalah kualitas isi blog..dan menaklukkan search engine google...hmm sebenarnya udah banyak tulisan mengenai ini..kapan2 kalo ada waktu saya coba tulis juga deh :)

Post a Comment